Seputar Penyakit Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan pada selaput sinus, yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gejala utama dari sinusitis adalah:
  1. hidung tersumbat atau meler
  2. nyeri wajah dan nyeri
  3. suhu tinggi (demam) dari 38 ° C (100,4 ° F) atau lebih
  4. sakit kepala sinus
Sinusitis adalah suatu kondisi umum yang dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Anda memiliki empat pasang sinus di kepala Anda. Ada pasang sinus:
  1. belakang dahi Anda
  2. kedua sisi jembatan hidung Anda
  3. belakang mata Anda
  4. belakang tulang pipi Anda
Sinus Anda membuka ke dalam rongga hidung dan membantu mengontrol suhu dan kadar air dari udara mencapai paru-paru Anda.

Lendir yang alami diproduksi oleh sinus Anda biasanya mengalir ke hidung melalui saluran kecil. Saluran ini dapat menjadi terblikir ketika sinus terinfeksi dan meradang.

Apa yang menyebabkan sinusitis?

Sebuah infeksi virus adalah penyebab paling umum dari sinusitis. Ini biasanya merupakan hasil dari virus pilek atau flu yang menyebar ke sinus dari saluran napas atas.

Setelah pilek atau flu, infeksi bakteri sekunder kadang-kadang dapat berkembang, menyebabkan membran yang melapisi bagian dalam sinus menjadi meradang.

Gigi yang terinfeksi juga dapat kadang-kadang menyebabkan sinus terinfeksi.

Mendiagnosis sinusitis

Dokter Anda biasanya akan dapat mendiagnosa sinusitis dari gejala (hidung tersumbat atau meler dengan nyeri wajah).

Jika Anda memiliki sinusitis parah atau berulang, dokter mungkin akan mengarahkan Anda ke spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT) yang akan mencoba untuk menentukan penyebab yang mendasari.

Spesialis dapat menggunakan sebuah peralatan yang disebut endoskopi hidung untuk memeriksa lapisan hidung dan sinus bukaan Anda.

Tes pencitraan, seperti computerized tomography (CT) scan, juga dapat digunakan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan sinusitis Anda.

Mengobati sinusitis

Sekitar dua pertiga dari orang-orang dengan sinusitis tidak perlu melihat dokter mereka. Dalam kebanyakan kasus, infeksi virus akan hilang dengan sendirinya.

Sinusitis memakan waktu sekitar dua minggu untuk menjadi bersih kembali (lebih lama jika udara dingin). Jika Anda memiliki sinusitis ringan, obat penghilang rasa sakit dan dekongestan akan membantu meredakan gejala.

Lihat dokter Anda jika gejala tidak membaik setelah tujuh hari, jika mereka semakin parah, atau jika sinusitis Anda terus datang kembali. Dalam kasus tersebut, antibiotik atau semprotan steroid atau tetes dapat diresepkan.

Dalam kasus sinusitis yang sangat parah, pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki drainase dan fungsi sinus Anda. Namun, operasi biasanya hanya direkomendasikan jika semua pilihan pengobatan lain gagal.

Baca lebih lanjut tentang obat sinusitis kronis alami

Komplikasi sinusitis

Komplikasi sinusitis yang cukup jarang, tetapi ketika mereka terjadi mereka cenderung mempengaruhi anak-anak lebih dari orang dewasa.

Jika anak Anda memiliki sinusitis dan kelopak mata atau tulang pipi mereka bengkak, mereka mungkin memiliki kulit bakteri atau infeksi jaringan (selulitis).

Membawa anak Anda untuk melihat dokter jika Anda melihat gejala-gejala ini. Anak Anda mungkin dirujuk ke spesialis THT.

Dalam kasus yang parah sinusitis, antibiotik sering digunakan untuk mengontrol penyebaran infeksi ke tulang di dekatnya.

Namun, dalam kasus yang sangat jarang (sekitar 1 dalam 10.000), infeksi menyebar ke tulang di dekatnya, atau daerah sekitar mata, atau darah atau otak.

Jenis sinusitis

Sinusitis kadang-kadang dapat berkembang dengan cepat (selama beberapa hari). Hal ini dapat berkembang setelah pilek atau flu. Jenis sinusitis biasanya akan hilang dalam waktu 12 minggu.

Sinusitis yang berlangsung selama lebih dari 12 minggu dikenal sebagai sinusitis kronis. Ini jarang terjadi tapi kadang-kadang dapat berlangsung selama berbulan-bulan.

sumber : http://www.nhs.uk/

Page top