Makanan Yang Boleh Di Konsumsi Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat adalah penyakit umum yang biasa di alami oleh pria maupun wanita di atas umur 30 tahun, hal tersebut disebabkan karena kurangnya kadar kalium/potasium dan kalsium di dalam tubuh dan menumpuknya zat purin di dalam tubuh karena menurunnya fungsi penyerapan dan pembuangan racun oleh organ organ di dalam tubuh kita. Asam urat biasanya menyerang persendian dimana akan terasa nyeri, ngilu, sakit apabila disentuh, gatal, bahkan hingga iritasi ke kulit apabila sudah parah. Kadar Asam Urat yang tinggi di dalam tubuh apabila dibiarkan terus menerus tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan kita dan kita tidak bisa melakukan aktivitas aktivitas pada normalnya. Menumpuknya zat purin di dalam tubuh tentu sebab dari makanan yang kita konsumsi banyak mengandung zat tersebut dan harus dipantang untuk tidak memakannya apabila asam urat kambuh, dan tubuh kita memerlukan kalium dan kalsium untuk melancarkan setiap persendian.

Nah, makanan apa sajakah yang baiknya kita makan untuk mengurangi kadar asam urat dan menyembuhkan penyakit asam urat yang sering datang menyerang? Antara lain berikut ini:

  1. Makanan yang mengandung kalium/potasium tinggi, kalium berfungsi sebagai kontrol impuls saraf dan kontraksi otot/persendian serta membangun otot/persendian pada tiap ruas tubuh, sehingga zat ini merupakan yang utama dibutuhkan dalam proses penyembuhan asam urat. Juga kalium membantu metabolisme karbohidrat dengan mengubah glukosa menjadi glikogen yang nantinya disimpan dalan liver untuk cadangan energi. Makanan yang mengandung kadar kalium tinggi antara lain terdapat dalam yogurt, tomat, kentang, dan pisang.
  2. Makanan yang mengandung karbohidrat, penderita asam urat harus memenuhi kebutuhan standar karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh agar pembentukan glikogen dapat terjadi dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak.
  3. Buah cerry, buah ini merupakan makanan yang baik bagi penderita penyakit asam urat. Zat anti inflamasi di dalam buah cerry berperan mencegah pengkristalan asam urat yang dapat mengganggu kesehatan. Selain itu, buah ini juga akan menetralkan zat asam serta membantu mencegah peradangan dan rasa nyeri pada sendi.
  4. Buah apel, mengandung asam malat yang memiliki kemampuan menetralkan asam urat. Dengan begitu, ketika penderita asam urat mengonsumsi buah ini maka penyakitnya dapat terkontrol. Makanlah buah apel setidaknya 1 buah setiap hari tanpa membuang kulitnya agar penyakit asam urat yang diderita bisa lebih cepat diatasi.
  5. Jeruk nipis, buah ini memang memiliki rasa sangat asam. Namun kandungan asam sitrat yang ada dapat melarutkan asam urat sehingga gejala asam urat bisa diberantas. Minumlah air perasan dua buah jeruk nipis tanpa dicampur gula/air setiap harinya. Tapi bagi yang punya penyakit asam lambung tidak disarankan, bisa dicampur dengan teh+gula secukupnya.

Baca artikel lengkap mengenai obat asam urat alami. Cukup mudah bukan untuk menerapkan pola makan sehat bagi anda yang menderita asam urat? Apabila anda rutin melakukannya dan dibantu oleh obat dokter dalam 2-3 bulan sudah terasa hasilnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam mencegah dan menyembuhkan penyakit asam urat yang sudah merupakan penyakit umum ini. sumber : www.healthline.com

Page top