Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Sehat

Ada begitu banyak cara mengurangi kolesterol yang bisa kita lakukan. Beberapa cara melibatkan bahan atau langkah yang alami. Tetapi cara-cara yang alami ini hanya akan berhasil bila dilakukan secara rutin. Pada dasarnya kolesterol tetap dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi ada kolesterol jahat yang beresiko menyebabkan tubuh terkena beberapa penyakit besar. Penyakit besar tersebut antara lain seperti stroke, hipertensi, jantung yang disebabkan karena penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Maka dari itu kandungan kolesterol jahat yang terlalu banyak dalam tubuh harus dikurangi dan lebih baik lagi dihilangkan. Berikut ini adalah beberapa langkah alami untuk mengurangi kolesterol.

Mengurangi Kolesterol dengan Cara yang Sehat

Cara mengurangi kolesterol secara alami yang pertama adalah dengan buah tomat. Tomat mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Likopen juga dapat ditemui di buah jambu, pepaya dan semangka. Selain tomat, anda bisa juga menggunakan buah delima sebagai alternatif menurunkan kolesterol. Buah delima mengandung antioksidan berjenis polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Jus buah delima juga dapat memperlambat penumpukan kolesterol dalam arteri. Sebaiknya minum delima murni tanpa tambahan gula.

Kacang almond juga menjadi bahan yang cukup ampuh dalam menurunkan kolesterol. Hal ini karena almond memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Almond juga menjadi cara mengurangi kolesterol yang baik karena kandungan lemaknya yang membantu menguraikan kolesterol jahat. Tidak hanya itu saja, almond memiliki kandungan vitamin E serta kalsium. Coba juga untuk mengonsumsi alpukat. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh dan pitosterol. Kandungan tersebut bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain yang sesuai selera anda.

Baca juga artikel terkait mengenai Manfaat Jalan kaki Untuk Jantung dan Organ Tubuh Lainnya

Bahan alami lainnya yang memiliki antioksidan dan lemak tak jenuh tinggi adalah minyak zaitun. Kedua kandungan tersebut penting untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Cobalah mengonsumsi minyak zaitun sekitar 2 sendok makan dengan cara dicampur makanan anda. Anda bisa juga menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega saat mengolesi makanan dan sebagai saus untuk roti. Ingat, minyak zaitun tinggi kalori, jadi jangan makan lebih dari jumlah yang disarankan. Terakhir, cobalah dengan rutin untuk minum jus jeruk. Kandungan vitamin C, folat, dan potasium yang tinggi mampu mencegah oksidasi LDL, konsentrasi homosistein plasma yang lebih rendah dan berkontribusi terhadap tekanan darah lebih rendah. Demikianlah beberapa cara mengurangi kolesterol dengan bahan-bahan alami.

Page top