Manfaat Jalan Kaki untuk Jantung dan Organ Tubuh Lainnya

Banyak orang yang tidak senang berjalan kaki, padahal sebenarnya ada banyak sekali manfaat jalan kaki untuk jantung. Jalan kaki merupakan salah satu olahraga sederhana tanpa budget yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Anda tidak membutuhkan pakaian tertentu untuk berjalan kaki. Berbeda dengan beberapa jenis olahraga lainnya. Berjalan kaki bisa anda lakukan ketika dalam perjalanan ke suatu tempat (jika jaraknya tidak terlalu jauh) atau di pagi hari dengan senagaja meluangkan waktu khusus. Jalan kaki umumnya menjadi olahraga pilihan bagi para orangtua. Jika anda merasa penasaran, berikut ini adalah manfaat yang bisa anda dapatkan dari berjalan kaki.

Manfaat Baik Berjalan Kaki

Bukan rahasia lagi jika manfaat jalan kaki untuk jantung sangatlah baik. Zaman sekarang, serangan jantung merupakan penyakit yang paling sering menyebabkan kematian. Hal ini karena jantung merupakan inti dari sistem tubuh manusia yang memiliki peran untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika anda ingin memiliki jantung yang sehat dan terhindar dari serangan jantung, maka silahkan mulailah berorlahraga jalan kaki. Bisa dilakukan pada pagi hari untuk membantu kinerja jantung agar menjadi lebih baik. Berjalan kaki juga berfungsi sebagai latihan yang mampu mempercepat detak jantung hingga memompa darah ke seluruh tubuh seperti manfaat jogging. Sehingga sirkulasi darah dalam tubuh akan tetap terjaga.

Tentunya masih ada manfaat jalan kaki selain manfaat jalan kaki untuk jantung. Misalnya saja dalam pengontrolan gula darah. Untuk mengontrol gula darah, tidak bisa hanya dengan mengonsumsi sejumlah sayur-sayuran yang akan mengurangi gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari. Selain itu berjalan kaki juga dapat membuat otot kaki, paha termasuk bokong menjadi kuat bahkan mampu meningkatkan daya tahan otot karena badan yang bergerak, sehingga stamina tubuh akan terjaga. Berjalan kaki juga sangat baik dalam menurunkan berat badan yang berlebihan. Mulailah untuk berjalan kaki setiap pagi untuk membakar kalori jika dikerjakan secara rutin.

Jalan kaki secara rutin, mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil terjaga sehingga mampu mencegah datangnya penyakit diabetes. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan kecepatan 6 km/ jam dan dilakukan selama 50 menit saja, mampu mencegah diabetes dengan berjalan kaki secara berkelanjutan. Begitu juga halnya dalam menurunkan tekanan darah. Jalan kaki mampu membuat tekanan darah menjadi rendah dan mampu mengurangi kelengketan antar sel darah. Hal tersebut jika terjadi, bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah. Itulah beberapa manfaat jalan kaki untuk jantung dan juga macam-macam organ tubuh lainnya yang bisa anda dapatkan.

Page top